top of page

LAPORAN PROYEK



Selama mengikuti pelajaran agama islam selama 1 term sangat membuka wawasan saya serta memberi pencerhan mengenai keberadaan Allah dan bagaimana sesuatu yang tidak terlihat oleh pandangan mata manusia bukan berarti hal tersebut tidak ada, melainkan dapat dirasakan bila kita mempunyai iman yang kuat terhadap Allah SWT. Selain itu, kelas agama islam juga telah mengajarkan bahwa pada setiap harinya ada banyak sekali kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh seseorang yang dapat dihubungkan dengan ayat ayat yang tertulis pada Al-quran. Hal ini sangat menyadarkan saya bahwa sebenarnya Al-quran lah satu satunya kitab petunjuk hidup untuk para umat muslim

Bersamaan dengan Big question yang ada, “mengapa para pemimin yang visioner beradaptasi?” serta pelajaran yang diajarkan di kelas agama islam yaitu perbuatan-perbuatan baik, kedua hal tersebut dapat saling dikaitkan dengan satu sama lain. Orang-orang disekitar kita yang melakukan perbuatan baik kepada Allah dan menjauhi larangan-larangannya adalah orang yang berfikir visioner. Karena, mereka tahu bahwa yang menguasai langit dan bumi adalah Allah SWT dan seluruh perbuatannya di bumi, nantinya akan tercatat dan di hari yang akan datang, hal tersebut akan dipertanggungjawaban.

Ada pula, hubungan antara makna suat al imran 114 dengan project ini, yatu:

“ؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ”

yang artinya, Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh. Surat al Imran ayat 144 dapat dihubungkan kepada project ini, dan juga apabila di karena orang-orang yang berbuat baik maupun melaksanakan perintah-perintah Allah serta menjauhi larangannya adalah seseorang yang beriman kepada Allah karena telah mempercayai hari akhir, dan orang tersebut termasuk golongan orang yang berfikir visioner.

Pada awal project ini, saya sudah membuat perencanaan terlebih dahulu sehingga saat project ini dilaksanakan akan lebih mudah. Pada perencanaan awal, saya berencana untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar saya, sehingga dapat melakukan step selanjutnya, yaitu proses pengerjaan. Pada proses ini, saatnya dimulai untuk menuangkan seluruh informasi yang sudah didapatkan bukan hanya berupa tulisan, melainkan evidence berupa sebuah foto. Penyelesaian project ini dilakukan pada step akhir, yaitu pengecekan terhadap tata bahasa penulisan sehingga bisa segera untuk dimuat ke dalam website.

Dalam pengerjaan project ini, tidak ada kendala yang sampai membuat project ini tertunda. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa tidak ada satu pun kendala yang ada. Salah satu kendala yang saya hadapi adalah menemukan target yang pas, sehingga dapat dikaitkan dengan big question yang ada. Selain itu, banyaknya hal lain yang harus dikerjakan diluar project ini juga menjadi salah satu kendalanya. Tetapi, dengan begitu banyak kendala yang dihdapi, saya mampu untuk mengatasinya dengan membagi waktu atau time management yang baik sehingga dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan bukan hanya tepat waktu, tetapi juga memiliki kualitas yang baik. Berikut adalah time freme saat project ini dilaksanakan:


Setelah melakukan project ini, saya merasa sangat puas dengan hasil yang didapatkan. Selain konten dari essay tersebut, menyelesaikan suatu project sebelum due date yang diberikan adalah kebangaan tersendiri bagi saya. Dengan ini, dapat membantu saya untuk mengerjakan project yang belum terselesaikan. Bukan hanya itu saja, saya merasa sangat puas karena telah belajar banyak hal di kelas agama islam, sehingga dapat membuka mata saya lebih jauh terhadap Allah SWT. Hal tersebut membuat saya ingin mengetahui keberadaan Allah dan ajaran-ajarannya lebih lanjut.

Hal-hal yang perlu saya perbaiki saat mengerjakan project ini adalah untuk tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga dapat menyelesaikan segala pekerjaan sebelum due date yang telah diberikan. Walaupun saya sudah mencapai target tersebut, lebih cepat lebih baik mengingat banyaknya project lain yang harus dikerjakan. Sehingga, saat mengerjakan project-project lain di hari yang akan datang, tidak ada satu pun project yang terlewatkan. Berikut adalah bukti foto kebaikan yang saya dapat dan juga foto dari time frame yang saya kerjakan untuk dapat menyelesaikan tugas ini:

​​​​











bottom of page